Saudara-saudara sekalian, ada yang pernah memainkan cepot? Sudah lihaikah? Selamat deh untuk kalian yang sudah mengerti dan biasa memainkannya.

Image

Wayang asli Indonesia yang satu itu pernah membuat saya terkesan. Bukan karena warna mukanya yang merah, tetapi karena cara memainkannya. Begini ceritanya, jeng jeng jeng… Dahulu kala, pada suatu hari, ada sebuah… *eh bukan! Saat itu, saya sedang iseng selesai check-in di bandara Soekarno-Hatta. Karena bosan, saya mencari sesuatu yang bisa dimainkan. Saya sempat terpikir untuk bermain seluncuran di lantai bandara itu, tetapi yaaaaa malu dan mengganggu ketertiban. *cieeee sok tertib. Dari kejauhan, sepertinya ada teman saya yang sedang memainkan boneka. Saya langsung mengira itu semacam barbie. Dengan gesit, aku langsung meminjamnya. Pas sudah di tangan, “loh, kok?”. Tik tok tik tok. *loading… “Wah, ini sih bukan boneka, Kayaknya wayang deh”. Berhubung telanjur penasaran, yaaa aku mainkan saja. Kapan lagi memainkan si cepot yang waktu itu kata teman-teman sih wayang dari Jawa. Hehehheeeee.

Waktu lagi coba-coba memainkan, jadi bingung sendiri. Mana depan mana belakang? Mana yang unutk membuka mulutnya mana yang untuk menggerakkan tangan-kaki? Serasa gapot deh. Gagal cepot!!! Sewaktu saya sudah mulai mengerti cara memainkannya, tiba-tiba teman saya yang lain tertawa. Saya heran dong. Waktu menoleh ke belakang, tidak ada apa-apa *ah, sinetron. Ya sudah, saya mainkan lagi saja cepotnya. Tentu, dengan gaya amatir agak sok keren.

Setiba di tempat tujuan (baca: kampung halaman), saya tonton videonya, wuahahahaaaaaaa. Ternyata, ada orang yang tidak sengaja lewat dan menyaksikan pertunjukan wayang saya di bandara tadi. Mungkin dia heran dengan cepot yang saya mainkan. Rasanya saya ingin berbisik dengan orang itu, “Maklum, Pak. Saya masih amatiran. Ampun kalu mainnya kacau.” Jujur, malu sih, tetapi bangga. Bisa memainkan si cepot di depan warga negara lain *walau tidak sengaja alias kebetulan. Suka cepot, suka Indonesia 🙂 Bagi yang mau melihat videonya, bisa klik di sini: http://www.youtube.com/watch?v=grvy8Nc8JTc&feature=youtu.be.

About syirojaihd

between Physics and Fiction

Leave a Reply

